Berdirinya Rumah Bersalin Pertiwi pada tahun 1974 yang diprakarsai oleh Ny. Achmad Lamo selaku Ketua Dharma Wanita Pemda Sulawesi Selatan dan di resmikan oleh Ny. Hj. Amier Mahmud, di pimpin oleh dr.H.M.N Anwar,SKM (Almarhum).

Kemudian pada tahun 1991 pimpinan diganti oleh oleh dr. Johan Kurnia, SKM hingga tahun 1999. Lalu pada tahun 1999 dipimpin oleh dr.H.M.Saad Bustam, M.Kes dengan status Rumah Sakit Bersalin Pertiwi kelas D Plus.

Tahun 2002 hingga tahun 2008 dipimpin oleh dr. Hj. Sriwati Palaguna, Sp.A, dengan klasifikasi C.

Tahun 2008 hingga tahun 2018 Dipimpin oleh dr. Hj. Nur Rakhmah, Sp.OG,M.Kes dengan status Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Kelas B

Agustus 2018 – Juni 2019
Dipimpin oleh H. Tura, S.Si. M.Kes dengan status Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Kelas B

Juni 2019 – Sekarang
Dipimpin oleh dr. Hj. Andi Diamarni Gandhis, MARS

RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu Rumah Sakit Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang didirikan pada tahun 1974 atas prakarsa Ny. Ahmad Lamo (Istri Gubernur Provinsi Sulsel pada saat itu), dan mulai dioperasionalkan dan diresmikan pemakaiannya pada tanggal 05 Mei 1974 oleh Ny. Amir Mahmud (Istri Mendagri pada saat itu) dengan status milik Yayasan Dharma Wanita Pemprov Sulawesi Srlatan.

Pada tanggal 8 Februari 1999 pengelolaannya dialihkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sesuai Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulsel Nomor 15 Tahun 1999 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Bersalin Pertiwi Sulawesi Selatan dan tanggal 4 Juni 2002 menjadi UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Sullawesi Selatan sesuai Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan No.15 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Sakit Bersalin Pertiwi. Setelah mengalami perkembangan fisik bangunan, penambahan SDM dan peralatan begitupun pengembangan fungsi pelayanan, maka RSB Petiwi memberikan pelayanan terhadap Ibu dan Anak walaupun belum paripurna.

Sejak tanggal 16 Juli 2008 ditetapkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 633/MENKES/SK/VII/2008 tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi milikPemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan kelas rumah sakit khusus Tipe B.

Pada tanggal 3 Februari 2009, RSIA Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan berhasil memperoleh sertifikat akreditasi penuh tingkat dasar oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit untuk 5 jenis pelayanan, antara lain: pelayanan administrasi, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan perawatan dan pelayanan rekam medis.

Kemudian pada tanggal 28 Januari 2010, RSIA Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan berhasil memperoleh sertifikat akreditasi penuh tingkat lanjutan oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit untuk 12 jenis pelayanan, antara lain: pelayanan administrasi, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan, pelayanan rekam medis, farmasi, k3, radiologi, laboratorium, kamar operasi, pengangan dan pencegahan infeksi di rumah sakit, perinatal risiko tinggi.

Dalam perkembangannya lebih lanjut, pada tanggal 6 Juli 2011, RSIA Pertiwi Provinsi Sulawesi Selatan sebagai UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menjadi Lembaga Teknis aerah berdasarkan Peraturan Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 6 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 9 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembanguan Daerah, Lembaga Teknis Daerah dan Lembaga Pain Provinsi Pertiwi. Selanjutnya pada tanggal 8 Agustus 2012 sesuai Keputuasan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 2128 Tahun 2012 RSKD Ibu dan Anak Pertiwi ditetapkan sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Secara Penuh.

Leave a Reply