Pelayanan yang berkualitas merupakan cerminan dari sebuah proses yang berkesinambungan dengan berorientasi pada hasil yang memuaskan. Dalam perkembangan masyarakat yang semakin kritis, mutu pelayanan rumah sakit tidak hanya disorot dari aspek klinis medisnya saja namun juga dari aspek keselamatan pasien dan aspek pemberian pelayanannya, karena muara dari pelayanan rumah sakit adalah pelayanan jasa.

Sesuai dengan usulan validasi internal bulan Februari 2019, telah dilaksanakan kegiatan pengumpulan data sesuai jadwal berikut:

  1. Ketidaklengkapan informed consent
  2. Kepatuhan terhadap clinical pathway
  3. Respon time pelayanan kegawatdaruratan (IGD)
  4. Keterlambatan operasi cito seksio caesaria

Hasil kegiatan validasi data internal adalah sebagai berikut :

Pembandingan (Benchmark) Data Hasil Pemantauan Indikator Mutu

Pembandingan (Benchmark) dilakukan dengan tujuan membantu rumah sakit dalam memahami perubahan dan penyebab perubahan yang tidak di inginkan serta membantu memfokuskan upaya perbaikan. Upaya membandingkan data dilakukan dengan membandingkan data dengan rumah sakit sejenis, dengan standar-standar, serta dengan praktik-praktik yang menurut literatur digolongkan sebagai best practice. Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi melakukan benchmark dengan cara:

  1. Membandingkan dengan RSKD Ibu dan Anak Fatimah Prov. Sulsel
  2. Membandingkan dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Pembandingan data (benchmark) sudah dilakukan dengan bersurat resmi kepada RS tersebut, setelah mendapatkan persetujuan dilanjutkan dengan persamaan indikator yang akan dibandingkan dan mengirimkan data dari indikator tersebut.